Sabtu, 07 April 2012

Kronologis Kasus Inzpirazone 1


Modus Penipuan dengan Self Publishing

Maraknya jasa penerbitan Indie yang menawarkan Jasa Self Publishing membuat para penulis muda dari berbagai komunitas sangat berambisi untuk menerbitkan buku sendiri. Tapi ternyata menerbitkan buku itu gampang-gampang susah karena baru-baru ini sudah ada teman-teman penulis yang tertipu dengan salah satu penerbit Indie yang menawarkan Jasa Self Publishing.
Teman kita itu bernama Ady Azzumar Maher Zain dari Muara Enim Sumatera Selatan yang tertipu oleh salah satu penerbit Indie yang bernama INZPIRAZONE PUBLISHING yang berdomisili di Yogyakarta.

Saya mengutip catatan dari saudara Ady Azzumar di facebook

ROYALTI dibawa Kabur? aku dan penerbit INZPIRAZONE PUBLISHER di mulai 03 Februari 2011 - 14 Oktober 2011
oleh Ady Azzumar Maher Zain pada 14 Oktober 2011 jam 13:21
Ady Azzumar Maher Zain
penawaran naskah untuk di terbitkan
aslmua'alaikum, wr. wb
sebelumnya perkenalakan, saya Ady azzumar dan rekan rekan 24 penyair Indonesia merencakan untuk menerbitkan sebuah antalogi puisi yang berjudul "tidak semua perempuan itu ibu". sebua puisi yang bercertiakan tentang ibu. bila kiranya penerbit Inzpirazone Publisher mau melirik naskah karya kami terlebih dahulu, naskahanya akan kami kirim melalui email. dan kami kirim ke email apa. terimakasih. waslmkm
Inzpirazone Book
Waalaikumsalam. Silahkan kirim ke inzpirazone@ymail.com
Ady Azzumar Maher Zain
terimakasih, segera saya kirim
Ady Azzumar Maher Zain
alhamdulillah suah daya kirim ke email
Inzpirazone Book
maaf mas, naskahnya tdk ada di email kami
Ady Azzumar Maher Zain
Kalau nggak di spam mungkin di email menumpuku. Tapi ntar sore saya kirim lag bang, makasih konfirnya
Ady Azzumar Maher Zain
Kalau nggak di spam mungkin di email menumpuku. Tapi ntar sore saya kirim lag bang, makasih konfirnya
Inzpirazone Book
naskahnya puisi? waduh... maaf ya, kami blm berani mnerbtkan puisi. kecuali indie
berlanjut antalogi puisi ibu gagal beralih ke Amtalogi Surat Cinta Rasulullah
Ady Azzumar Maher Zain
Naskah Saya
aslmkm wr. wb. naskah sudah saya kirimkan ke email inzpirazone@ymail.com apa langkah saya selanjutnya> kapan transfer uangnya? hp. 085267557556
Inzpirazone Book
okey. nanti kami sms saja ya. Naskahnya yg tentang nabi nitu ya?
silahkan transfer ke Bank Muamalat An. Sudirman, SE
norek 9121494499
Inzpirazone Book
kami naskahnya yg tentang nabi itu, kami okey untuk menerbitkan
maaf mas, bisa kirim ulang? ke inzpirazone@ymail.com
Ady Azzumar Maher Zain
Aslmkm naskah suda dibuka?
Inzpirazone Book
Waalaikumsalam. Okey. Makasih ya...
Ady Azzumar Maher Zain
Untuk yang nabi lagi nunggu 2 naskah lagi yg belum dikirim ulang. Insyallah nanti kalau sudah baru kita kirim
Inzpirazone Book
okey. silahkan transfer pembayarannya ya, biar segera kami proses
Ady Azzumar Maher ZainBesok sore pulang kerja saya transfer bang.
Inzpirazone Book
sampul
Lampiran Tidak Tersedia
Sumber lampiran dihapus atau pengaturan privasi pada lampiran ini tidak mengizinkan anda melihatnya.
Inzpirazone Book
ukurannya mmg kami kecilkan :)
Ady Azzumar Maher Zain
kirm ulang ya "_" ter delit tadi
Inzpirazone Book
cek email ya. kami kirim ukuran besar
Ady Azzumar Maher Zain
ane sudah kirm naskah surat cinta untuk rasulullah
Inzpirazone Book
okey akh
Inzpirazone Book
lay out isi buku
ini contoh lay out bukunya mas adi
Ady Azzumar Maher Zain
kosong
Ady Azzumar Maher Zain
ini untuk cover tulisan di buku belakang Surat Cinta untuk rasulullah:
Subhanallah... Allahummasholli ala muhammad.... membaca buku ini membuat saya 'panas dingin'.. laksana jatuh cinta pada pandangan pertama...Romantis luar biasa... seakan menikmati pemandangan Alam yang mempesona... terimakasih untuk para penulis yang berhati romantis menuliskan kalimat yang membuat saya makin cinta pada sosok rosulullah... Anda yang belum baca... segera dibaca deh... maka akan anda rasakan atmosfer keindahannya... dan saya yakin.. anda akan terjangkit penyakit "Romantisme mencintai Rosulullah" karena saya sudah terkena dan tak ingin sembuh olehnya...

Bang Dillah 'Habeeb'
MC, Penyiar Radio, Personil Nasyid Senandung Hikmah.
Inzpirazone Book
OKEY AKH
BUKUKU TERBIT 2  bulan MARET 2011
Ady Azzumar Maher Zain
bantuanya
aslmkm nanti bantu jawab ya bila di fhotoku ada yang bertanya: mendapatkan buku bagaimana. biar enak penerbit yg jawab
Inzpirazone Book
okey mas... boleh... nanti para penanya akan kami inboks, atau mas ady bs blg inboks sj kami
oh ya, alamat lengkap mas ady mana? Biar segera kami kirim buku contohnya
Ady Azzumar Maher Zain
ISBN bagaimana? kata Mbak Naqiyyah Syam akan diurus ya Akhi?
Inzpirazone Book
ISBN sebenarnya gk penting2 amat lo pak. itu hanya agar buku kita bs dipasarkan di toko buku luar negeri :)
Nanti jika penjualannya bagus, bukunya insyaAllah kami urus ISBN + dijual di toko2 buku.
Kecuali ada keinginan sendiri dr penulis untuk urus ISBN sendiri, kaya mbak Naqiyyah. Soalnya urus ISBN harus di Jakarta mas...
aku mulai kecewa ISBN tidak ada
Inzpirazone Book
Okey akh. Gpp mou nya bs menyusul. Nanti kami cek ya. Tlg krm alamatnya biar segera kami kirim bukunya
Ady Azzumar Maher Zain
Supriadi: jl ir h djuanda no 21 kel Ps III Muara Enim, 31314 (Sumsel). Cp. 085267557556
Nb: bila tdak keberatan, ane minta 3 buku untuk ane.
Inzpirazone Book
Jatah penulis mmg 1 buku mas. Maaf ya... Kalau mau 3 bayar 2 :)
Ady Azzumar Maher Zain
Keuntungan 1 buku berapa ya? seumpama saya beli 2 + ongkos kirim seperti itu? (Afwan,
Inzpirazone Book
Ongkir kami yg tanggung. Harga 2 buku sj yg ditransfer
Ady Azzumar Maher Zain
Tigalah, biar pas seratus lima ribu ana transfer. Dua buku itu untuk dosen pembimbing ana dulu, 1nya penguji skripsi. Oh ya, design cover surat cinta belum ada akh?
Inzpirazone Book
beli 3, 3 * 350rb = 105rb. iya gpp deh kirim 100rb saja
surat cinta msh finishing. tunggu bbrp hari lagi
Ady Azzumar Maher Zain
hasil design kirim ke email saja jngn ke inbok
Inzpirazone Book
Okey. Mas jd beli 3 buku nikah dini?
Ady Azzumar Maher Zain
jadi tapi uangnya belum ditransfer.
Inzpirazone Book
Akan kami proses setelah transfer ya... Makasih
Ady Azzumar Maher Zain
cover surat cinta sudah akh?
uang 100.000 buat buku ana sudah ana transfer hari ini
Inzpirazone Book
sampul buku, kami kirim juga via email
Lampiran Tidak Tersedia
Sumber lampiran dihapus atau pengaturan privasi pada lampiran ini tidak mengizinkan anda melihatnya.
Ady Azzumar Maher Zainsubhanallah, saya jujur, saya tidak menguasai dan tidak paham dunia design. tapi ini sempurna. hanya saya minta sedikit saja, kata pengantar jangan warnah putih bisa nggak? warna apa yang biar terang untuk dilihat. putih masih kebureman. hanya warna endorsmn\entya saja.
Ady Azzumar Maher Zain
kok nikah dini ku hanya sekali itu saja dipromosiin akh? oh iya surat cinta rasulullah kok belum ada kabarnya akh?
Inzpirazone Book
surat cinta insyaAllah rencananya lusa kami terbitkan. yg nikah dini iya ya? waduh... maaf bgt ya, mungkin td kelupaan dilink.
Ady Azzumar Maher Zain
buku
Aslmkm akh hari ini jadi nerbitinya buku surat untuk rasulullaj?
Inzpirazone Book
wswrwb. iya akh...
Ady Azzumar Maher Zain
sms akh bila sudah diterbitin.
Inzpirazone Bookiya akh. Tgl finishing akh
Inzpirazone Book
mas, harga bukunya 40rb
Ady Azzumar Maher Zain
Mau tanya mounya kok tidak ada berapa persen keuntungan buat penulis? Buku nikah dini sudah dikrin apa belum? Kok buku surat cinta covernya cover lama? Kalau bisa untuk dipromoin make cover depan belakang, kalau bisa strategi harga 39.900 saja. Kalau 40.000 terkesan mahal. Kapan jadi mau terbitnya nih? Kalau sudah ada nama mbak naqiyyah syam dicover segera aja di terbitin. Dan aku mau minta kirimin cover nikah dini yg depan - belakang ya. Afwan
Inzpirazone Book
Ada mas. 15 porsen mas. Ada di spj yg kami kirim kemarin. Bukunya cukup tebal mmg mas. Jd agak mahal mmg.iya. Sepakat 39.900 ya. Nanti kami kirim
Ini msh tunggu perbaikan sampulnya
Ady Azzumar Maher Zain
Iya. Jadi walau beda 100 perak tapi kelihatan murah 39.900 dibanding 40.000 "_" maklum dapat ilmu strategi bisnis hehehe.
Inzpirazone Book
insyaAllah nanti malam ya...
Ady Azzumar Maher Zainalhamdulillah, iya karena banyak banget yang nanya harga? sudah bisa dipesan belum? kok baru mau terbit? ya yang nanya yang ada di 55 penulis itu
dan buku yang dikirim kan sebagai tanda bukti untukku hampir 1 bulan lebih dan memakai prangko 3000. (PARAHKAN!)
Ady Azzumar Maher Zain
Royalti
aslmkm, kan 3 bulan yah uang royalti bukunya SCUR & Nikah DiNI. Maret - April - Mei - Juni. sudabiakah aku menerimanya "_" terimakasih
Inzpirazone Book
waalaikumsalam...
SCUR yang laku 53 buku
NIkah Dini 5 buku
Ady Azzumar Maher Zain
Jadi bisa di transfer ni royalti pertama ini ? "_'
Inzpirazone Book
bisa. tolong rekeningnya ya....
sekalian kirim ulang spj yang kami kirim kemarin ya...
bulan Juni looohhhhhhh 2011
Ady Azzumar Maher Zain
Royalti Buku NIKAH DINI & SURAT UNTUK RASUL
aslmualaikum wr wb, apa kabar ni hasil penjualan Buku NIKAH DINI & SURAT UNTUK RASUL. berpa nih royalti sampai skrang yang bisa aku terima, malam ini aku kirim balik + scan ttd aku di surat perjanjian buku. besok bisakan aku terima royalti buku ku? ni no rekening: 112-00-0750519-6 BANK MANDIRI Kcp. Muara Enim, An. Supriadi.
Inzpirazone Book
iya mas. nanti kami urus ya
Ady Azzumar Maher Zain
royalti
aslmualaikum, pa kabar ni? ya gimana kebijakan royalti buku buat saya nih? "_" kpan dikrimnya
Inzpirazone Book
waalaikumsalam. hr jumat dan sabtu kantor libur mas. harap maklum. sedang kami proses kok
Ady Azzumar Maher Zain
aku lagi bokek hehe sudah ditransfer?
Inzpirazone Book
Hehe... Sdh. Via muamalat. Biasanya beda bank 3 hari akh
Ady Azzumar Maher Zain
aslmkm, maaf kok sampai saat ini aku belum dapat laporan berapa bukuku terjual, berapa uang yang aku dapat, dll.
Inzpirazone Book
waalaikumsalam. hr senen ya mas
aku mulai gerah seolah dipermainkan
Ady Azzumar Maher Zain
Mestinya profesionalah, masa harus ditagih dulu baru bergerak. Mestinya mana hak dan kewajiban penerbit sudah pahamlah buat penulis.
Ady Azzumar Maher Zain
aslm saya minta royati buku saya dan kirim ke BAnk Mandiri, Kcp Muara Enim: An. Supriadi No Rek: 112-00-0750519-6 dan bukti kiriman transfer uang royalti sebelumnya kalau emang sudah dikirim yg waktu itu. karena saya cek belum masuk. laporan buku terjual juga segera kirimkan. terimakasih
Ketika hendal tahajud, 14 Oktober 2011 aku buka FB lewat BB untuk melihat balasan dari INZPIRAZONE PUBLISHER ternyata aku dah di REMOVE! menyakitkan bukaaaan.

Jadi kesimpulannya berhati-hatilah dengan Penerbit Indie yang mencantumkan alamat pemasaran :
Jl. Terbang Gk. V No. 658 Yogyakarta
Dan Nomor Kontak 081918041171

Dan coba perhatikan gambar di alamat website Penerbit Inzpirazone yang telah menipu penulisnya:


Dan cocokkan gambar dengan alamat penerbit baru ini :



Sumber : http://www.facebook.com/note.php?note_id=10150415587706514 di akses (14 Oktober 2011 jam 13:21)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar